Cara merawat ayam bangkok aduan. Banyak tutorial Tips merawat Ayam Bangkok Aduan bertebaran di internet.

Anda sebagai penghobi ayam bangkok di tuntut untuk jeli melihat tutorial merawat ayam bangkok dengan benar agar dapat mendapatkan ayam bangkok yang anda inginkan.

ayam bangkok aduan

shutterstock

Ayam Aduan merupakan macam ayam yang berjenis kelamin jantan.

Segala macam ayam memang mempunyai kelebihan masing-masing akan melainkan ada sebagian macam ayam yang memiliki tenaga super, karenanya dari itu banyak orang yang memanfaatkannya sebagai ayam aduan.

Di Indonesia banyak sekali penghobi Ayam bangkok mahir yang tersebar di tiap-tiap tempat, terutamanya dalam merawat ayam bangkok.

Ini dikarenakan mungkin sebab ayam bangkok tak terasa asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Selain ayam bangkok ,juga ada ayam lain yang dapat juga diwujudkan sebagai ayam petarung.

Metode Merawat Ayam bangkok Aduan

Metode merawat ayam aduan, ayam bangkok adalah ayam aduan yang paling populer diantara ayam aduan macam lain .
Ketika beradu Ayam ini mengeluarkan seluruh kekuatannya.

Tetapi tak semua ayam bangkok baik. Di Indonesia ayam ini banyak di kawin silangkan dengan ayam kampung.

Sehingga bibit hati keturunan yang dijadikan sangatlah berbeda dijagong dari segi jasmaniah dan metode beradunya.

Ayam bangkok aduan yang masih awam disebut dengan Ayam Bangkok Thailand dinamakan seperti itu sebab memang ayam ini berasal dari Negara Thailand hal itulah yang membuat ayam bangkok mahal.

Tiap ayam bangkok memiliki gaya beradu masing-masing, gaya hal yang demikian dijadikan layak garis keturunannya sebagian gaya beradu merupakan ngalung, pukul lari, selusup, dan pura-pura lemes.

Untuk menciptakan ayam bangkok yang baik umumnya si peternak mengerjakan latihan.melatih ayam tersebut bekali kali tentu dengan suplemen ayam yang mumpuni

Latihan hal yang demikian dilaksanakan pada umur ayam menempuh 6-7 bulan umumnya umur segitu ayam mulai keluar warna-warna bulu merah atau hijau mengkilat dan masih belajar berkokok pada tahap itu memang sungguh-sungguh layak diwujudkan sebagai arena latihan.

Nah bagi anda yang baru masuk dalam dunia perayaman bangkok betapa pantasnya seandainya anda lebih mengenal mana ayam bangkok orisinil dan mana yang kurang orisinil supaya anda tak kecewa dikala membelinya di pasaran.

Lalu, Bagaimana ciri-ciri ayam bangkok aduan yang baik?

ayam bangkok aduan

shuuterstock

Ciri-ciri bibit Ayam Bangkok aduan yang Baik :

Badan ramping tegak dan tinggi.
Kepala berbentuk menyerupai burung jalak.
Leher lebih panjang dibandingi ayam awam.
Komponen atas paruh terdapat garis tengah mirip burung rajawali.
Mata berbentuk bulat dan bening agak sedikit masuk ke dalam.
Tulang alis nampak.
Tulang kaki berbentuk bulat.
Tulang leher tertata rapat, panjang dan berukuran besar.
Kaki memiliki sisik besar-besar kering, jari-jari panjang dan lutut menjorok ke belakang.
Tulang badan yang berada di komponen dada besar, tebal dan memanjang dari komponen dada hingga tulang belakang.
Tulang badan rapat, kuat dan keras terutamanya pada komponen tulang penghubung antara tubuh dan ekor.

Ciri-ciri Ayam Bangkok aduan dewasa

Pada komponen tempurung kepala dan tulang besar.
Bulu mengkilap dan agak kaku pada komponen sayap dan ekor.
Kepala seperti bibit pinang.
Mata cekung, sipit masuk ke dalam dan bening.
Paruh besar, kuat, melengkung dan terdapat alur dari hidung hingga muka.
Lubang hidung masuk ke dalam.
Memiliki sisik kasar dan besar-besar pada kaki.
Jari kecil, panjang dan kuat.
Dikala beradu pukulannya kuat dan pas target.
Tulang rapat dan kuat pada komponen pangkal sayap.
Wujud tubuh si ayam tegap dan gagah dikala berdiri.
Metode Merawat Ayam jagoi Bangkok Aduan

Merawat ayam sesungguhnya gampang cuma saja anda perlu keuletan dalam mengerjakan profesi yang satu ini, banyak orang yang memiliki hobi merawat ayam akan melainkan dalam kurun waktu satu pekan dia telah bosan dengan hobi hal yang demikian. Berikut merupakan hal-hal yang perlu diamati dikala merawat ayam mahir bangkok.

Pakan apa yang Bagus Untuk Ayam bangkok Aduan ?

Metode merawat ayam mahir, pakan merupakan hal pertama yang paling penting dalam perawatan seluruh macam binatang ternak salah satunya ayam ini. Pakan berfungsi sebagai sumber daya yang berimbas pada tingkah laku, prilaku dan kinerja dikala tarung pada ayam aduan.

Memberi makan ayam bangkok yang bagus merupakan takaran pakan disesuaikan dengan berat badan si ayam hal yang demikian, misal ayam dengan muatan 3 – 4 kg karenanya pakan yang patut diberi 200 – 300 gram terhitung dalam tiap-tiap anda memberi makan (bukan dalam sehari).

Pakan ayam juga patut disesuaikan umumnya berbeda antara ayam yang masih kecil dan ayam yang telah besar. Pun pada ayam yang sama-sama dewasa malah berbeda tergantung harapan jika pingin untuk aduan umumnya ditambah pakan jagung yang masih utuh digantung bertujuan melatih paruh ayam supaya kuat.

Kecuali pakan vitamin dan suplemen juga patut kita berikan, pemberian vitamin yang baik merupakan pada malam hari sebab ayam berada dalam keadaan hening dalam keadaan itulah ayam bisa gampang mencerna vitamin dan suplemen yang nantinya akan merasuk total ke tubuh si ayam.

Penjemuran ayam bangkok Aduan

Sesudah mandi selesai karenanya yang perlu dilaksanakan ialah penjemuran dengan metode memasukkan ayam ke kurungan bulat dan jangan lupa beri alas di komponen bawahnya dapat kayu atau bebatuan hal itu bertujuan supaya si ayam tak guling-guling dan kumal kembali.

Penjemuran dilaksanakan hingga jam 10:00 saja sebab pada dikala itu cahaya sang surya mengandung vitamin D dalam format inaktif yang sungguh-sungguh menolong dalam pelaksanaan pertumbuhan tulang dan bulu. “Jangan sekali-kali memandikan dengan metode mejeburkan ayam ke dalam ember sebab tak bagus”.

Bagaimana melatih ayam Bangkok Aduan ?

Latihan ini sungguh-sungguh penting dilaksanakan untuk menerima hasil yang memuaskan dikala dalam laga. Lazimnya para mastah melatih ayam-ayamnya mulai dari umur 6 – 7 bulan padahal pada umur 1 – 5 bulan pertama dikonsentrasikan untuk pelaksanaan pertumbuhan badan.

Latihan jasmaniah yang kerap kali dilaksanakan akan membuat ayam lebih terbiasa berprofesi keras, kuat dan tak ngos-ngosan dikala laga.

Latihan jasmaniah dengan metode dilatih tarung dengan ayam sejenis ataupun lokalan, senam tiap-tiap pagi juga perlu dilaksanakan supaya otot-otot menjadi lemas dan lentur sehingga gampang dalam menangkis musuh.

Kecuali latihan jasmaniah juga perlu dilaksanakan latihan mental sebab kebanyakan dari ayam bangkok ini memiliki sifat pundung atau syok dikala dalam pertarungan mengalami kekalahan yang semacam itu memalukan.

Latihan jasmaniah yang awam dilaksanakan ialah dengan metode jajal tarung tiap-tiap 3 – 5 hari sekali akan melainkan perlu dicatat jalu dan paruh patut dibungkus untuk menghindari luka yang berlebihan, hal seperti itu juga dapat menambah ke kreatifan ayam dalam menyerang.

Bagaimana Cara Memandikan Ayam Bangkok Aduan ?

Untuk menerima penampilan yang menarik ayam juga perlu dimandikan tiap-tiap pagi, bagi orang yang belum berpengalaman memandikan ayam kerap kali kali dilaksanakan dengan metode asal-asalan. Meski hal hal yang demikian dapat memberi pengaruh kinerjanya dikala beradu.

Waktu yang bagus untuk memandikan ayam aduan merupakan sekitar jam 08:00 pagi asalkan tak sedang hujan. Metode memandikan yang benar merupakan mengaplikasikan air bersih dari sumur jangan mengaplikasikan sabun, jangan mengaplikasikan air hangat sebab air hal yang demikian bisa merusak jaringan pertumbuhan bulu pada ayam.

Pegang ayam tenangkan lalu basuhlah kepalanya mengaplikasikan busa yang telah dibasahi.
Siram pelan komponen leher sampai pangkal tengkuk.
Sesudah disiram kemudian basuh komponen leher tadi sampai komponen ujung bawah dengan handuk kering, hal ini dimaksudkan agar kandungan bulu yang ada di leher tak banyak mengandung air yang akan merusak estetika warnanya.

Bersihkan tempat sekitar kloaka sampai benar-benar bersih sebab tempat hal yang demikian terdapat banyak kotoran.
Basuh komponen sayap, ketiak dan kaki mengaplikasikan handuk kering sampai bersih.

Terakhir bersihkan bagian anus ayam.

Komponen punggung jangan terlalu sering dimandikan sebab bulu-bulu yang berada di punggung gampang kusut bila kerap kali terkena air.

Dan jangan lupa handuk senantiasa dibersihkan dan diperas dikala membasuh ayam agak kandungan air tak terlalu banyak.

Demikian Artikel Cara merawat ayam bangkok Aduan. Semoga Bermanfaat.