Anda Para pecinta Ayam , pasti masih terasa asing dengan nama ayam bangkok Pakhoy. Ayam bangkok Pakhoy adalah salah-satu generasi ayam aduan modern yang di silang secara khusus oleh para pecinta ayam aduan.

Nama Pakhoy yakni singkatan dari Pama-Khoy dan diambil dari istilah di negeri Siam (Thailand) yang diistilahkan sebagai penumpas setan atau pembunuh setan (ฆ่าปีศาจ,

Setan yang dimaksud adalah sebutan buat ayam ayam Pama atau ayam aduan ori dari Birma atau Myanmar.

ayam bangkok pakhoy

ayam bangkok pakhoy

Lahirnya ayam pakhoy berawal dari generasi persilangan antara ayam Malaysian yang awam disebut ayam Ujung dengan macam ayam Siam atau ayam Bangkok.

Apa ciri utama Ayam bangkok Pakhoy ?

Karakter ayam Bangkok beberapa besar kita telah mengenal gaya permainannya yang menawan seperti tengok kiri kanan matuk kepala kemudian memukul, nyorok ke bawah bongkar memukul dari belakang dan sanggup mengunci lawan (ngalung).

Ayam Ini mempunyai gaya permainan memukul betul-betul pesat tanpa patut merekat dan memeluk, pukulannya betul-betul keras kearah badan dan memukul sembarangan apa yang di patuknya dominan ke arah segala tubuh mana saja, sehingga memungkinkan untuk lebih pesat bisa melukai dan menusuk lawan dengan taji.

Perpaduan antara kedua sifat inilah yang diinginkan bisa meredam gaya permainan ayam Birma.

Ayam Pakhoy adalah ayam generasi termutakhir sebagai jawaban kepada ketangguhan ayam birma/pama.

Belajar dari karakter permainan ayam birma dengan kecenderungan memukul ke arah muka dan kepala atau memukul ke arah atas dan senantiasa menghindar.

Karenanya pada permulaan kemunculan ayam pakhoy mempunyai gaya permainan berlawanan dengan ayam birma, yakni cenderung senantiasa mengejar (rempug) merekat secara mendatar ke bawah mematuk sembarangan dan memukul badan atau semua apa yg dipatuknya pasti dipukul, dengan pukulan yang betul-betul keras lagi pesat (tempel pukul).

Baca juga : ayam bangkok wuring kuning

Dengan gaya seperti ini menghasilkan ayam Birma tak dikasih kans menghindar dan memukul ke arah kepala sebab ayam pakhoy kepalanya berada mendatar dan senantiasa merekat dengan pukulan ke arah badan.

Didekade 2000an sempat menjadi penguasa gelanggang yang telah malang melintang menaklukkan bermacam macam Ras ayam aduan seperti ayam Bangkok, walaupun ayam pama mempunyai perawakan badan yang lebih kecil dari ayam Bangkok, macam Pama ini mempunyai kecepatan, ketepatan, timpukan-timpukan ke arah mata atau kepala dengan efek yang mematikan lawan.

Untuk ukuran kelas di bawah 3 kg ayam Birma di gelanggang sabung ayam di bangkok hampir tak terkalahkan, makanya ayam birma di juluki ayam-Pama = ayam setan .

Karakter paling gampang untuk memastikan macam ayam pakhoy ini yakni pada gaya permainannya yang betul-betul agresif mengejar cederung merapat datar sejalan badan (merangsek) lawan, pesat dan adaptatif dalam menyesuaikan gaya permainan lawan.

Ayam ini mulanya mempunyai ciri khas yakni dominan mematuk punggung lawan dan memukul keras ke arah badan bawah sampai tengkuk lawan tapi sekarang ayam pakhoy sanggup mematuk dan memukul keras ke semua komponen tubuh lawan.

Karakter permainan ini sanggup mematikan gaya permainan ayam Birma yang mempunyai gaya beradu memukul sambil mundur, mengelak, malahan lari-lari sambil berbalik memberikan pukulan ke atas ke arah kepala.

Ayam Bangkok dengan gaya ortodok yang lebih banyak membatasi lawan akan kewalahan menghadapi gaya tarung birma yang urakan, kadang atret atau lari-lari sambil memukul dengan pukulan timpuk/nyimprat.

Oleh sebab itu, ayam Pakhoy mempunyai karakter yang dijadikan dengan mencari kelemahan ayam Birma yang kecuali mempunyai tulangan lebih halus, ayam Birma tak sanggup beradu secara rapat.

Oleh sebab itu diciptakanlah ayam Pakhoy yang bahagia merapat dengan gaya slugger masuk ke sayap, menunduk pesat ke selangkangan dan dengan pesat keluar memukul dari belakang atau menyangkul badan musuh dari depan.

Dengan mematuk punggung lawan (ngrangkok) dan memukul keras ke arah badan dan sayap ayam birma memiliki tulangan cenderung lebih halus sehingga tak bendung mendapatkan pukulan ke arah badan.

Pukulan macam ini disebut pukulan pacul, oleh karena itu di Indonesia Pakhoy juga kerap kali disebut ”ayam pacul”. tehnik permainannya seperti ayam Bangkok ada peluk, nyayap, kilas, nyorok ke bawah bongkar dan pukulan keras ke sembarang badan.

Jenis ayam Pakhoy

Pada mulanya generasi ayam Pakhoy memang sengaja dijadikan tentunya dari sebagian kelemahan yang ada pada ayam Birma. Melainkan kini ini telah banyak macam generasi yang berasal dari dasar ayam pakhoy ini seperti MAKHOY (Pama-pakhoy) silangan birma-pakhoy, PATHAI silangan Bangkok-pakhoy, SAKHOY (Saigon pakhoy) silangan ayam Saigon pakhoy, BRAKHOY (brasil pakhoy), PAGONTHAI (pakhoy-saigon-thai) dan lain-lain, diinginkan sanggup untuk melawan bermacam macam ayam aduan yang ada.

Kelebihan Ayam bangkok Pakhoy

Memiliki pukulan keras dan mengejutkan lawan.

Acap masuk jeda-jeda dan menyulitkan pukulan lawan.

Ayam bangkok pakhoy memiliki tehnik pukul pesat yang kerap kali merapat kebadan lawan dengan gerakan lebih lincah dan pesat sebelum melepaskan pukulan.

Ayam bangkok pakhoy memiliki pukulan keras cenderung kearah badan dengan khususnya dulu mematuk sekitar leher dan ada juga ayam pakhoy yang tengok pesat lalu melepaskan pukulan kearah leher.

Kalau terdesak, ayam pakhoy mematuk di segala komponen tubuh, bagus bahu, bulu maupun leher kemudian melepaskan pukulan kerasnya.

Memiliki gerakan pesat dan menyesuaikan malahan pesat mengimbangi tehnik lawan yang sebagus apa saja.
Acap mengerjakan pukulan badan dan pesat menumbangkan lawan terlebih ayam aduan yang mempunyai tulangan yang tipis seperti ayam burma.

Ayam pakhoy kerap kali melepaskan pukulan berulang ulang dengan habis-habisan/mati matian yang terkesan tak memberikan kans lawan untuk munguasainya.

Kelemahan Ayam jenis ini

Ayam pakhoy mempunyai kelebihan juga memiliki kelemahan seperti halnya dengan ayam aduan lainnya. Menurut pengukuran dari para pakar ayam aduan bahwa ayam pakhoy ini rata-rata mempunyai mental yang jelek atau lebih baik dari ayam bangkok, hal itu tentunya menjadi pertimbangan dan tanda untuk bagi penghoby ayam aduan untuk menyempurnakannya dengan sistem merawat dengan pemberian makanan yang baik untuk memperkuat tulang.

Kelemahan ayam pakhoy yang kedua yakni ayam pakhoy kerap kali mematuk lawan dari semua arah yang tentunya hal itu juga akan membuka kans lawan untuk mengatur dan memukulnya.

Baca juga : Ayam Bangkok wuring kuning

Memilih ayam bangkok seperti ayam pakhoy untuk di jadikan sebagai ayam jagoan dapat di katakan lebih pas, sebab demi mengejar ketertinggalan akan perkembangan ayam aduan. Itulah ciri ayam pakhoy komplit dengan keistimewaan dan kelemahannya.

Demikianlah sajian kali ini perihal Ciri Ayam Pakhoy yang Baik dan Orisinil yang bisa anda jadikan rujukan dalam memilih ayam bangkok pakhoy. Lalu kita akan membahas penyebaran ayam bangkok Pakhoy

Dimana penyebaran ayam bangkok pakhoy ?

Ayam Pakhoy mulanya berkembang cepat di sekitar perbatasan antara Thailand dengan Malaysia, sehingga pada mulanya orang Indonesia menyebut ayam ini dengan sebutan ayam Bangkok selatan, kemudian menyebar sampai segala Thailand malahan sampai ke Indonesia.

Di Indonesia Ayam bangkok jenis ini di temukan hampir di semua pulau jawa, tetapi penyebaran paling banyak ada di daerah jawa timur.

Tentunya dengan semua kekurangan dan kelebihannya generasi ayam pakhoy sekarang telah kian bagus, memang pada mulanya ayam pakhoy cuma dapat diterapkan untuk melawan ayam Birma, akan tapi kini ini sanggup berkompetisi dengan bermacam macam ayam aduan yang ada.

Para peternak di indonesia biasanya memveli sepasang Ayam pakhoy wanita dengan jantan dari ayam pakhoy ori Import lalu di silang untuk mendapatkan ayam bangkok pakhoy super pukul mati.

Ayam Pakhoy murni bisa di temukan di daerah Birma atau myanmar hingga ke Thailand yang menjadi sentra ayam bangkok di asia tenggara bahkan di dunia.

Ayam bangkok wanita pakhay memiliki telur yang kehijauan dan bersih, sama seperti warna telur ayam bangkok pada umumnya, namun lebih cemerlang kehijauan

Demikian Artikel mengenai Ayam Bangkok Pakhoy, tulisan ini dirangkum dari berbagai bacaan dan pengalaman penulis. Semoga bermanfaat ya !