Ayam bangkok umur 3 bulan . Halo para bobotoh ketemu lagi dengan Blog kesayangan anda yang membahas segala tentang Ayam bangkok. Artikel kali ini kita akan mengulas trik merawat dan memilih ayam bangkok umur 3 bulan kebawah beserta perawatannya.

Sebelum mengulas trik memilih ayam bangkok umur 3 bulan, maka silahkan terlebih dahulu kunjungi dan like Fan page kami di sini .

Nah,artikel ini kami sajikan secara lugas dan tentu diambil dari berbagai ulasannya lainnya.

Tips memilih Ayam Bangkok umur 3 bulan untuk calon petarung

Trik Memilih Anak Ayam Aduan Usia 3 Bulan sangatlah praktis dan mudah sekali ,Namun kita sebagai penghobi ayam harus mengetahui dan faham betul tentang ayam Bangkok.

ayam bangkok umur 3 bulan

Ayam yang satu ini juga bisa menggunakan kecerdasan otoknya dalam bertarung. Tentu saja banyak hal lain yang menjadi keunggulan ayam bangkok

Jenis ayam yang satu ini memang sudah lama digemari mulai sejak nenek moyang kita di zaman dahulu kala hingga sampai sekarang.

Karena apa? Seperti yang kita ketahui ayam Bangkok adalah satu satunya ayam aduan yang cukup sempurna, Karena selain mempunyai tulang tulang yang tebal dan kuat.

Baca juga : Ayam bangkok wiring kuning 

Sebagai peternak mungkin bisa dirugikan karena besarnya biaya pengeluaran perawatan ayam mulai sejak kecil sampai dewasa. maka dari itu maka dilakukan penyortiran.

Penyortiran yang dimaksud mulai dari umur 1 bulan, 2 bulan sampai 3 bulan.

Kenapa dilakukan penyortiran ? Jawabannya tentu karena kita ingin maksimal dalam meerawat dan memiliki ayam bangkok yang benar bnenar unggul.

Menurut salah satu Bobotoh tua Purwekerto, Ayam bangkok yang mengerami itu maksimal hanya memiliki 3 bibit unggul , nah makanya kita harus menyortir ayam bangkok umur 3 bulan terlebih dahulu untuk mengurangi biaya perawatan.

Setelah anakan Ayam Juara dirawat dengan benar mulai umur 0-3 bulan, Sudah terlihat anak ayam mulai senang kejar kejaran, Bulu-bulunyapun sudah mulai tumbuh agak banyak.

Untuk menyortir ayam di usia ini, Penyortiran harus dilakukan dengan intensif, hati hati dan seksama.

Berikut tips penyortiran ayam bangkok usia 3 bulan

Sebelum anda melakukan Trik Memilih Anak Ayam Aduan Usia 3 Bulan yang saya utarakan nanti, Langkah awal yang harus anda lakukan adalah memberi makan anak ayam umur 3bulan tersebut dengan jangkrik sebagai makanan tambahan.

Cara pemberiannya cukup di berikan pada pagi dan sore hari selama kurang lebih satu minggu sebelum penyortiran dilakukan.Untuk dosis pemberian jangkrik; Pagi di berikan 3-5 jangkrik untuk 1 anak ayam umur 3 bulan.

PAda sore hari diberikan jangkrik 5-8 ekor jangkrik untuk satu anak ayam umur 3 bulan. Penyortiran bisa dilakukan ketika anakan ayam ini sudah terbiasa dengan jangkrik ini.

Proses sortir Anak Ayam Aduan Usia 3 Bulan dapat dilakukan dengan cara melemparkan jangkrik segar hidup-hidup diantara anakan ayam tersebut satu persatu. Anda harus memperhatikan anak ayam dengan cermat

Baca juga : Ayam bangkok wiring kuning 

Anakan bangkok yang berbakat punya kecepatan mematuk dan melompat dan akan memperoleh jangkrik lebih banyak. Dan anakan yang bodoh tidak punya kecepatan dalam meloncat dan mematuk hingga memperoleh jangkrik lebih sedikit.

Ayam bangkok usia 3 bulan ini biasanya sudah berkokok.

Penyortiran dalam Memilih Anak Ayam Aduan Usia 3 Bulan seperti ini dapat dilakukan dengan apa bila kondisi anak Ayam Juara fit atau tidak keadaan sakit dan lemas.

Apa manfaat penyortiran ayam bangkok ?

Hasil dari penyortiran ini anakan bisa dipastikan ayam setelah dewasa akan lincah, sukar dipatuk, sukar dipukul, Pukulan cepat, Enak di pegang tangan, Brutu/pangkal ekor lebih rapat dari teman satu tetasan. Dan kwalitasnya lebih baik dari teman satu tetasan.

Agar ayam aduan bisa tumbuh secara optimal tidak hanya dipengaruhi oleh pakan. Akan tetepi anda juga harus benar-benar memperhatikan bagaimana perawatan ayam muda yang baik dan benar.
Setelah ayam menetas.

Anak ayam yang baru menetas sebaiknya dipisahkan dengan induknya dan dimasukan ke dalam kandang bok. Tujuannya adalah untuk menghindari risiko kematian serta mempermudah proses perawatan.

Cara merawat ayam bangkok usia 3 bulan

Setelah kita memilih dan berhasil beberapa aym bangkok , maka saatnya kiyta intensif dalam merawat ayam bangkok umur 3 bulan,

Berikan Pencahayaan Lampu

Kandang ayam bangkok sebaiknya dilengkapi dengan pencahayaan yang cukup. Tujuannya agar ayam lebih aktif di malam hari, sehingga pertumbuhan ayam akan jauh lebih cepat.

Selain itu lampu akan menghangatkan ayam, cara ini lebih baik dibandingkan membiarkan anak ayam bersama induknya.

Berikan Pakan dan Minum

Anda bisa memberikan pakan sesuai dengan pakan yang sudah kami jelaskan di atas.

Kemudian untuk air minum anda bisa menambahkan campuran vaksin dan beberapa tambahan vitamin. Hal ini sangat perlu dilakukan agar ayam cepat tumbuh dan menjadi ayam berkualitas.

Pisahkan Anak ayam Ketika Mulai Bertarung

Biasanya anak ayam mulai bertarung satu sama lain ketika menginjak usia 3 bulan. Hal ini akan menyebabkan menurunya mental ayam dan ayam akan kurang mendapatkan pakan karenah kalah bersaing. Anda harus memisahkan ayam yang mulai beradu, tujuanya adalah untuk menghindari persaingan bertahan hidup pada anak ayam.

Mulailah melatih

Mulailah melatih ayam bangkok anda dengan beberapa cara , misalnya dengan mengajak berenang.

Ketika ayam berenang ayam akan terbiasa belajar mengatur nafas, ini sangat berguna ketika bertarung nanti.

Nah itulah sedikit ulasan dari blog kesayangan anda mengenai ayam bangkok umur 3 bulan agar tumbuh optimal. Memang untuk menghasilkan ayam bangkok berkualitas kita harus benar-benar memperhatikan ayam sejak dini. Kami cukupkan dan kami akhiri tulisan ini, semoga berguna dan bermanfaat.