Ayam bangkok wiring kuning adalah ayam bangkok salah satu jenis ayam bangkok yang sangat di gemari para pecinta ayam bangkok. Selain memiliki tenaga yang kuat kala beradu, ayam bangkok jenis ini di percaya memiliki memeiliki nilai mistis yang sangat tinggi.

Ayam bangkok jenis ini termasuk jenis ayam bangkok yang memiliki semangat juara.

Apa itu Ayam bangkok wiring Kuning ?

Ayam wiring kuning adalah ayam bangkok yang memiliki warna dasar kuning, dari kepala hingga seluruh bulunya berwarna kuning.

APA KEUNGGULAN AYAM BANGKOK WIRING KUNING?

AYAM BANGKOK WIRING KUNING adalah ayam tipe penyerang, dari bentuk kepala yang kecil seperti buah pinang, melambangkan ayam bangkok yang cerdas. Selain cerdas, jika kita cermati dari bentuk sayapnya, ayam bangkok ini bertarungnya kuat dan konstan. Jadi untuk bisa melawan ayam bangkok seperti diatas, dibutuhkan stamina yang kuat pula.

Di negara asalnya Thailand, ayam wiring kuning ini merupakan ayam laga yang ditinggikan derajat statusnya. Hal ini dikarenakan ayam  bangkok wiring kuning ini merupakan ayam yang hanya dipersembahkan untuk raja-raja Thailand. Di Indonesia ayam ini dipercaya mempunyai daya mistik yang luar biasa, terutama dalam hal kekuatan pukulannya yang sangat mematikan saat dalam pertarungannya.
Keistimewaan ayam bangkok wiring kuning antara lain :

– Memiliki teknik tarung cepat dan keras. Pukulan-pukulannya tepat terarah dan memiliki insting membunuh yang tinggi.
– Memiliki pukulan yang sangat keras, dikarenakan gen bawaan induknya.
– Memiliki naluri yang tepat saat memukul lawan. Cenderung mampu memukul tepat dibagian vital lawannya. Hal ini sangat jarang didapati pada ayam jenis lainnya.
– Sangat sulit dikalahkan.

Kalau kita lihat secara kasat mata, ayam yang ini termasuk pemalas, karena bentuk kaki yang lebar membuat pukulan ayam yang satu ini kurang begitu keras. Tapi tak apa, karena ayam yang seperti gambar diatas memilki kecerdikan dalam bertarung.

Nah ayam bangkok wiring kuning cara perawatanya sama pada umumnya, yaitu setiap pagi kita mandikan, lalu sering seringlah kita renangkan agar stamin ok dan pukulanya jadi keras.

Jemur pada matahari pagi akan membentuk tulangan yang kuat serta peredaran darah jadi lancar. Jaga kebersihan kandang akan membuat kondisi kesehatan ayam jadi lebih ok…..Setiap seminggu sekali berilah cacing dan belut agar menambah panjang nafas ayam bangkok wiring kuning….

Keistimewannya hampir sama dengan yang lain, yaitu kuat dan cerdik dalam bertarung.

Bagaimana Ciri ciri Ayam bangkok wiring kuning?

Selain kemampuannya dalam bertarung, salah satu hal yang paling menarik dari ayam bangkok/ayam aduan wiring kuning adalah warna bulunya yang kekuningan seperti namanya.

Hal itulah yang membuat banyak orang tertarik memiliki ayam wiring kuning.

Warna tersebut merupakan salah satu ciri yang paling mudah dikenali dari ayam wiring kuning. Adapun ada beberapa ciri lain yang terdapat pada ayam bangkok wiring kuning, yaitu paruhnya yang juga berwarna kuning.

Jadi, bukan hanya bulunya yang kekuningan, namun paruhnya pun demikian. Yang lebih menarik lagi, kaki dan matanya pun berwarna kuning menyamai warna bulu dan paruhnya. Jadi, hampir semua bagian yang terdapat pada ayam bangkok wiring kuning berwarna kuning.

Ayam Bangkok Wiring Kuning

Ayam Bangkok Wiring Kuning

Itulah mengapa ayam bangkok / ayam aduan jenis ini dinamai dengan wiring kuning.

Hampir semua bulu ayam wiring kuning berwarna kekuningan.

Warna kuning yang dominan terdapat pada bulu rawis ayam dan bahkan pada bagian pangkal dimana terdapat bulu-bulu kecil pun warnanya juga kekuningan.

Selain bulunya, warna kulit ayam bangkok ini pun berwarna kuning. Jadi, semua bagian pada tubuh ayam tersebut dominan berwarna kuning.

Berapa jenis Ayam bangok Wiring Kuning?

Terdapat dua versi ayam bangkok / ayam bangkok wiring kuning yang ada saat ini, yaitu versi Thailand dan versi Jawa.

Ayam wiring kuning pun terbagi menjadi kelas-kelas yang berbeda tergantung pada banyaknya warna kuning pada tubuh ayam. Jadi, semakin dominan warna kuningnya, maka semakin tinggi kelasnya.

Rangking pertama biasanya ditempati oleh ayam yang lengkap warna kuningnya pada semua bagian yang memang seharusnya berwarna kuning.

Jika ada yang tidak lengkap, maka kelas ayam pun lebih rendah. Akan tetapi, ada juga ayam jenis lain, yaitu ayam Blorok Madu yang hampi sama warnanya dengan wiring kuning. Sebagian orang menggolongkan kedua jenis ayam ini pada golongan yang sama.

Ayam bangkok / ayam aduan wiring kuning tidak semuanya memiliki warna bulu kuning.

Ada beberapa warna lain juga pada bulunya meskipun kuning adalah warna yang paling dominan. Jadi, warna dasar pada bulunya biasanya hitam.

Bulu pada rawis leher adalah area dimana bulu berwarna kuning keemasan, begitu juga dengan warna bulu rawis pada pinggang. Selain itu, warna kaki, kuku, jalu dan paruh pun kuning.

Untuk matanya, kebanyakan berwarna kuning juga, namun banyak juga yang tidak berwarna kuning. Biasanya yang matanya kunging memiliki nilai yang lebih tertutama pada harga jualnya. Dengan kelengkapan warna kuning pada ayam di bagian tersebut, maka ayam tersebut bisa disebut dengan wiring kuning tembus.

Ayam wiring kuning adalah ayam bangkok yang memiliki warna dasar kuning, dari kepala hingga seluruh bulunya berwarna kuning.

 

Demikian Artikel mengenai Ayam bangkok wiring kuning, Semoga bermanfaat dan bisa berkunjung balik