Cara merawat ayam aduan bangkok . Tentu sudah tak asing lagi, jika kita memiliki ayam bangkok pasti kita ingin jagoan kita tangkas kala bertanding

Di Indonesia bannyak penghobi ayam bangkok yang meluangkan banyak waktunya untuk mendapatkan jagoannya sesuai yang mereka kehendaki

Penghobi ayam bangkok ini sering dinamakan bobotoh, Jika di Makassar sering dinamakan “pasaung”

Tentu segala cara dilakukan untuk mendapatkan ayam bangkok sesuai yang di inginkan.

Maka berikut Dohertyoilsltd akan membahas, Bagaimana cara yang baik dan benar dalam merawat dan melatih ayam bangkok biar kuat dan siap waktu bertanding

cara merawat ayam aduan bangkok

cara merawat ayam aduan bangkok

Berikut ulasannya  cara merawat ayam aduan bangkok :

Bagaimana cara memandikan Ayam aduan?

Untuk mengeraskan serta berakibat dalam penyusunan otot-otot ayam karenanya anda sepatutnya mengerjakan pemandian. Sebaiknya anda memandikan ayam pada ketika temperatur normal, tak sedang hujan dan dalam kondisi pagi atau ketika jam 8.

Tetapi apabila sedang mengalami hujan karenanya sebaiknya anda memandikan ayam dikala jam 4 atau pada ketika petang hari. Mandikan ayam aduan hal yang demikian dengan gabus atau spon yang nantinya memakai air mandi yang bersih.

Biarkan ayam mengeringkan bulunya sekitar 30 menit sebelum anda melanjutkan ke langkah penjemuran. Progres ini juga dapat menjadi salah satu metode menjinakan ayam galak yang menjadi paling utama dalam cara merawat ayam bangkok aduan

Kapan Waktu yang Tepat Memandikan Ayam ?

Supaya lemak di tubuh ayam tak menumpuk dan memilihkan staminanya, karenanya anda membutuhkan progres penjemuran ini. umumnya progres penjemuran betul-betul di anjurkan dikala menjelang siang ialah diantara jam 9 sampai jam 10, sebagian ketika sesudah anda memandikan ayam hal yang demikian. Biasakan mengerjakan penjemuran pada ayam aduan muda dan anda dapat menghentikannya apabila ayam nampak lelah atau sakit.

Kalau cuaca sedang dalam kondisi hujan sebaiknya ayam dimandikan dikala petang hari sekitar pukul 16.00. metode memandikan ayam yang bagus ialah dengan memakai gabus atau spon dan air (pakai air dingin), lalu sesudah selesai dimandikan ayam dilepas dan biarkan tubuhnya mengering separo jam sebelum dilakuka progres penjemuran.

Sparing atau Abar (training)

Untuk menyusun mental petarung supaya dapat menjadi sang jawara yang menjadi ciri-ciri ayam bangkok berkwalitas, karenanya anda sepatutnya mengerjakan latihan tarung atau abar. Lakukan dengan durasi yang singkat bagi latihan permulaan ayam aduan anda.

Biasnya latihan permulaan cuma akan memakan waktu 5 sampai 10 menit lamanya. Kemudian ayam hal yang demikian kembali di perbolehkan untuk beristirahat dan mengerjakan aktifitas seperti lazim seperti latihan jasmani, mandi da berjemur selama 2 pekan lamanya.

Sesudah melalui masa istrahat karenanya anda dapat mengerjakan abar lagi dengan durasi yang sedikit lebih lama, 15 menit seumpama. Lakukan latihan ini secara terpola . Tetapi perlu anda amati bahwa jangan terlalu memaksakan tenaga ayam hal yang demikian. Dimana ia dapat saja terluka dan kian takut apabila lawan yang di lawnnya tak setara.

Pelatihan Jasmaniah

Dikala anda mau melatih pernapasan sekalian latihan otot, karenanya anda di anjurkan untuk mengerjakan latihan jasmani kepada ayam hal yang demikian.

Anda dapat mengerjakan latihan jasmani cocok dengan kebutuhan ayam aduan hal yang demikian seperti latihan renang, kliter dan lompatan.

Pemisahan Ayam Aduan

Anda sepatutnya mengerjakan pemisahan ayam aduan ialah meletakan mereka pada bermacam-macam sangkar berbeda dan terpisah. Ini ialah pencegahan kepada terjadinya luka ataupun cidera pada ketika ayam ayam hal yang demikian berupaya beradu melawan ayam lainnya. Sebab ayam aduan akan senantiasa mempunyai kencendrungan untuk beradu dan yang lemah akan senantiasa di tindak yang lebih kuat.

Pengaplikasian Sangkar Isolasi

Ini adalah sangkar yang terisolir tertupu dan benar-benar bebas dari bermacam-macam gangguan dari luar. Ini adalah sangkar yang akan di gunakan apabila ada salah satu ayam aduan muda yang mentalnya semakin parah dan rusak sampai tidak lagi dapat beradu atau malahan cuma sekadar bergaul dengn ayam betina.

Karenanya biarkan ayam hal yang demikian sebagian hari menetap pada sangkar ini untuk memulihkan diri dan kembali menerima mental beradunya. Dalam hitungan hari umumnya ayam ini akan kembali berkokok gagah dan siap di adukan lagi.

Pentingkah Pemisahan pada Kandang Ayam ?

Anda sepatutnya mengerjakan pemisahan ayam aduan ialah meletakan mereka pada bermacam-macam sangkar berbeda dan terpisah. Ini ialah pencegahan kepada terjadinya luka ataupun cidera pada ketika ayam ayam hal yang demikian berupaya beradu melawan ayam lainnya.

Baca juga : Apa itu Ayam Bangkok Wuring Kuning yang di percaya mistik?

Sebab ayam aduan akan senantiasa mempunyai kencendrungan untuk beradu dan yang lemah akan senantiasa di tindak yang lebih kuat. Pemisahan Kandang Ayam ini pun dilakukan untuk cara merawat ayam aduan bangkok mangon.

Sebagian kekeliruan dikala cara merawat ayam aduan bangkok muda, ialah sebagai berikut:

Ketidak sesuaian pakan yang dikasih sehingga membikin pertumbuhan ayam menjadi tak maksimal.
Perebutan kepemimpinan antara satu dengan yang lainnya membikin ayam muda saling beradu.

Kenapa Stres Pada Ayam juga sering Terjadi ?

  • Stress sebab keadaan sangkar yang tak nyaman
  • Pendiskriminasikan yang dikerjakan oleh ayam muda kepada ayam lain mislanya ayam dewasa yang terlalu agresif sehingga mengakibatkan mental ayam muda menjadi melemah.
  • Umur perkawinan ayam muda yang belum matang.

Sebagian Kekeliruan dalam melatih ayam muda :

  • Durasi atau waktu pelatihan abar yang dikerjakan terlalu lamaLatihan penjemuran paa ayam muda yang betul-betul berlebihan
  • Dijalankannya pelatihan ayam muda yang tak siap atau belum cukup usia
  • Kekeliruan dalam memastikan program pelatihan ayam aduan yang cocok

Demikian Tips atau cara merawat ayam bangkok dan kesalahan kesalahan yang dilakukan kala memelihara ayam bangkok. Semoga  tips yang awam ini bisa dipraktekkan dengan baik.